Minggu, 22 Mei 2016

5 cara mengatasi smartphone yang matot



sekarang adalah era jamannya orang-orang menggunakan smartphone. Nah secanggih dan semahal apapun smartphone mu pasti akan ada saat nya dimana smartphone mu rusak. Kali ini AhmadBlog akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi smartphone yang mati total (matot).

Cara mengatasi smatphone yang matot

1.Charge hpmu



Apabila sebelum smartphonemu mengalami mati total posisi baterai dalam keadaan kurang dari 20% dan saat di cek sudah dalam keadaan mati dan tidak dapat di hidupkan maka bisa jadi baterai smartphonemu benar-benar kosong.

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menyambungkan kabel charge ke ponsel dan biarkan selama 10-20 menit, kemudian coba hidupkan. apabila cara pertama gagal coba cara lain yaitu lepas baterai smartphone mu dan charge menggunakan charger desktop (kodok). biarkan sampai 10-20 menit setelah itu pasang kembali dan coba nyalakan.

2. Lepas baterai



Terkadang masalahnya adalah sedikit serius daripada baterai lowbat, misalnya smartphone kamu terjebak dalam proses booting yang tiada henti atau karena bootloop. Trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas baterai. Untuk baterai yang menyatu dalam body, produsen biasanya menyediakan sebuah tombol khusus. Untuk secara paksa mematikan daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol Power agak lama (20-30 detik). Dengan melakukan ini, kamu memotong satu-satunya sumber daya smartphone. Seharus ini sudah memecahkan masalah dan membuat smartphone kamu kembali proses booting dengan benar.

3. Layar blank hitam



Apabila kamu lebih suka menaruh smartphone di dalam saku celana dan saat di keluarkan sudah dalam posisi mati, tapi saat di hidup kan terdapat tanda getar atau suara booting (menyala). Berarti kamu harus mengganti LCD / layar smartphone mu. 

Karena bisa jadi saat di dalam saku layar ponselmu tertekan sesuatu dan membuat nya tidak bisa menyala.

4.Factory Reset



Apabila smartphone mu mengalami restart otomatis, bootloop atau tidak bisa masuk ke dalam home screen hanya tampil atau berhenti di logo ponsel, maka cara yang dapat kamu lakukan adalah Factory reset.

Caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol POWER + VOL DOWN + HOME atau POWER + VOL DOWN atau POWER + VOL UP bisa juga POWER + VOL DOWN + VOL UP. semua kombinasi tergantung dari merek hp mu.

Setelah didalam menu recovery mode tekan volume down untuk memilih menu factory reset dan tekan tombol power untuk memilih.

5. Mungkin memang rusak



Harusnya trik-trik di atas dapat membuat smartphone kamu akan kembali normal. Jika masih ada yang tidak beres atau mungkin masih tidak menyala, berarti mungkin saja hardware smartphone kamu yang bermasalah atau rusak. Kalau masih garansi kamu harus mempertimbangkan untuk klaim garansi ke service center atau beli smartphone baru/bekas jika sudah tidak garansi dan biaya perbaikannya terlalu mahal.
Itulah 5 trik sederhana, yang bisa kamu lakukan jika HP kamu mendadak mati. Kalau masalahnya pada software masih bisa diotak-atik, tapi kalau sudah menyangkut hardware memang harus dibawa ke service center.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 cara mengatasi smartphone yang matot
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... ULR GAMBAR ... </i>