Kamis, 19 Mei 2016

Privacy Policy Jangan di pandang sebelah mata

Privacy policy Adakah privacy policy pada halaman blog anda? Privacy policy sangat penting, jangan dianggap enteng. Kenapa?

Apa itu privacy policy? 

Secara singkat, privacy policy adalah halaman pada blog atau website yang berisi kebijakan dari si pembuat blog agar pengunjung bisa mengetahui bagaimana informasi didapatkan dan dikelola.

Dengan privacy policy, secara hukum seorang blogger bisa mendapatkan hak paten atas blog atau websitenya. Halaman privacy policy sangat penting terutama bagi mereka yang membuat blog sebagai ladang mencari dollar.

Dalam dunia iklan online, para advertizer sangat mewajibkan para pemilik blog untuk menyertakan privacy policy sebagai syarat yang harus di penuhi. Tidak terkecuali Google Adsense.Privacy policy menjadi syarat wajib yang harus ada untuk melancarkan langkah menjadi publisher.

membuat halaman privacy policy
Privacy Policy


Fungsi privacy policy

Dengan privacy policy blog atau website yang kita kelola akan terlihat lebih profesional. Ini menunjukkan keseriusan dari pemilik blog itu sendiri. Pengunjung akan lebih mudah menemukan jati diri anda. Materi yang ada dalam blog juga lebih terjaga privasi nya.

Jika anda bermain dalam bisnis online, privacy policy akan menambah kepercayaan para visitor terhadap produk yang anda tawarkan, meski anda hanya sebagai penyalur atau affiliator.

Umumnya privacy policy terdiri dari poin-poin untuk pembaca pahami antara lain file log, cookie dan web beacon, double klik DART, partner iklan, pihak ketiga dan kebijakan privasi online.

Poin tersebut menjadi dasar utama bagi para pemasang iklan untuk mempercayakan produk mereka. Itulah sebabnya kenapa para advertizer iklan seperti Google Adsense sangat mewajibkan halaman privacy policy harus di miliki oleh setiap blog atau website.

Cara membuat privacy policy

Membuat privacy policy itu mudah. Bisa langsung kita buat pada laman baru dan kita ketik di situ lalu di publish. Selain cara itu, privacy policy bisa di buat secara online. Namun sebelumnya anda harus membuat halaman contact terlebih dahulu. Jika halaman contact sudah ada berikutnya silahkan ikuti cara membuat privacy policy di bawah ini.

1. Buat laman baru dengan nama ‘privacy policy’. Setelah itu simpan, jangan di publish dulu.

2. Pada tab baru, buka alamat ini http://www.privacypolicyonline.com

3. Muncul halaman web yang berisi form untuk anda isi.


  • Site title = judul blog
  • Site URL = alamat situs atau blog 
  • Contact link = URL halaman contact anda 
  • Email address = alamat email anda 


Pada bagian email encrytion pilih encrypt email. Centang semua item pada bagian advertizer on your site. Setelah semua terisi, klik generate policy.

4. Pada halaman generated policy, bisa anda lihat privacy policy yang di dalamnya terdapat alamat blog anda. Scroll ke bawah lalu klik tulisan generate html for this page. Silahkan copy dan paste hasilnya pada halaman privacy policy blog anda.

5. Cara memasang, kembali pada laman privacy policy yang telah anda buat pada langkah pertama di atas. Pilih mode html lalu paste script html tersebut ke dalamnya, kemudian publikasi kan.

Demikian penjelasan dari saya tentang privacy policy dan cara membuatnya. Semoga bisa memberi manfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Privacy Policy Jangan di pandang sebelah mata
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... ULR GAMBAR ... </i>